Sunday 23 December 2012

Kritik dan celaan? Syukuri..

Kalau kata guru-guru itu, teko akan mengeluarkan isi teko. Contohnya suatu teko berisi air teh, maka yang keluar adalah air teh, bukan air kopi. Ciri beningnya hati, kedewasaan bersikap, bisa bercermin dari bagaimana ia menyikapi suatu kejadian. Kata-kata seperti apa ketika ia mendapatkan sesuatu yang tidak menyenangkan.

Hati yang kotor dan bening dapat juga dilihat ketika ia mendapat hinaan, celaan, kritikan, fitnah dari orang lain. Kalau ia lemah imannya, akalnya, maka ia akan sibuk menganiaya dirinya sendiri dengan cara membalas hinaan orang. Ia akan sibuk membela diri secara berlebihan alias tidak proporsional. Orang-orang seperti ini akan berusaha mencari/ mengorek-orek aib lawannya. Harapannya ingin tenang, malah ia makin resah dan gelisah karena salah menyikapi situasi.

... Berbeda dengan orang yang memiliki kejernihan hati. Ketika datang badai hinaan, cercaan, fitnah. Ia akan tenang-tenang saja, karena bisa mengevaluasi diri. Kalau pun dapat fitnah, ia pun bersyukur karena sudah diberitahu oleh Allah, siapa saja sebenarnya orang-orang yang punya tabiat yang baik. Ia pun akan tenang-tenang saja terhadap orang-orang yang suka mencela ia dibelakang, karena tidak akan berbahaya bagi dia, bahkan pahalanya bertambah, dosa pun berkurang.

Misal sehabis main kasti/ softball kita merasa capek, akhirnya kita istirahat di bawah pohon. Tongkat pemukul, kita taruh disamping kita. Tiba-tiba ada yang datang memberi tahu bahwa ada ular di samping kita. Dengan tongkat yang ada, apakah kita akan memukul orang yang memberi tahu atau memukul ular tersebut?

Ular di atas adalah kejelekan kita yang dibicarakan teman kita. Apakah kita akan memukul orang yang sudah memberi tahu keburukan kita atau kita memukul ular (keburukan) kita untuk dihilangkan?

Tanpa disadari, perilaku suka dengki dan memfitnah, pelakunya digerakan oleh setan dg kata lain sifat2 yg disenangi setan sudah dilakukan...
Peace of the Lord
(Tulisan ini saya re-post dari apa yang di-share bapak Vincent Fendy di salah satu Grup di FB,, izin sedang re-post sedang dalam pengurusan) :-) 
Selamat mempersiapkan diri untuk Malam Natal yang indah..
Pdt. Tulus Johansen Aritonang

No comments:

Post a Comment